Friday, September 26, 2008

Jalur Sirkulasi dalam suatu bangunan

ada beberapa cara dalam mendesign sirkulasi suatu bangunan. namun secara umum kita dapat membaginya menjadi 2 bagian yakni sirkulasi vertikal dan sirkulasi horizontal. sirkulasi vertikal artinya pergerakan antara ke atas dan ke bawah sedangkan sirkulasi horizontal yakni pergerakan antara muka ke belakang atau gerakan mendatar lainnya.
dalam suatu bangunan jalur sirkulasi menjadi elemen yang sangat penting dalam mempermudah sirkulasi manusia atau barang bergerak lain masuk dan keluar bangunan.



jalur sirkulasi dapat diletakkan pada bagian tepi, tengah atau saling silang antara keduanya. misalkan saja suatu bangunan sekolah didesain dengan menggunakan sirkulasi tepi bangunan yang mana selasar diletakkan pada bagian tepi ruangan sehingga jalur sirkulasi murid berada pada bagian tepi bangunan, yang ini dinamakan sirkulasi horisontal dengan letak di tepi bangunan.
pada suatu hotel, rumah sakit biasanya jalur sirkulasi berada pada bagian tengah bangunan atau saling silang. lain halnya dengan apartemen yang biasanya menggunakan sirkulasi vertikal menggunakan lift yang diletakkan pada bagian core atau inti bangunan yang massive.

No comments: